Rabu, 07 Februari 2018


Mari kita mulai dengan 1 buah pertanyaan Flashing – Apa bedanya dengan Installing ? Install lebih cocok untuk istilah aplikasi lalu apakah flashing merupakan sebuah aplikasi. sangatlah berbeda jauh install ialah memasang aplikasi yang nanti akan di jalankan di atas sistem operasi. Sedangkan Flashing ialah memasang atau mengisi sistem operasi ke Hp dengan menggunakan bantuan Komputer dan perangkat pendukung lainnya seperti : Kabel data, Box Flasher.

Pengertian Flashing Hp Secara Umum
Flashing ialah memasukan file ROM, firmware ke Hp dengan bantuan komputer dan Box Flasher untuk memecah Firmware itu di HP, pada dasarnya ada beberapa file yang di isikan ke dalam HP Meskipun firmware/ROM tersebut di bundle menjadi 1 file antara Lain : Setting, Media seperti galery gambar dan design, bahasa. Ketika process Flashing hp dan Komputer akan berkomunikasi secara terus menerus guna untuk saling verifikasi data yang telah di terima oleh si HP yang sedang di flash hingga process flashing itu sendiri selesai.

3 Metode Cara Untuk Flashing Hp
Ada beberapa methode flashing saat ini yang memang sudah banyak di gunakan oleh beberapa teknisi hp.

Flashing HP dengan BOX Flasher 
 Yang pertama methode flashing yang umum ialah Flashing menggunakan Box Flasher, Contoh untuk melakukan flashing HP nokia 7610 memerlukan box flasher yang di sebut dengan UFS tornado, dengan menggunakan UFS tornado tersebut kita dapat memasukan file firmware MCU, yaitu file config, PPM file bahasa dan CNT file content (galery ringtone) bawaan pabrik.


 Yang ke 2 Flashing tanpa BOX flasher
Flash HP menggunakan Kabel USB – Flashing Hp yang ke 2 ini mengandalkan Kabel data Saja dengan syarat Hp bisa terdeteksi oleh komputer, karena methode ini menggunakan kabel data via Fastboot. Contoh Flashing nya ialah Flash HP oppo A11w menggunakan Flashtool.

Flash Hp menggunakan JTAG – ini methode flashing hp terbaru saat ini, dimana process flashing tidak secara langsung berkomunikasi dengan HP, Sehingga kondisi hp rusak sekalipun bisa di lakukan Meskipun IC CPU hp rusak. Cara flashing dengan JTAG ialah Langsung menulis firmware / ROM ke dalam IC secara terpisah. IC flash / Nand Flash di lepas dan di Isi firmware secara terpisah dari Papan PCB HP. setelah IC di isi firmware barulah chip di pasang. Ini sudah termasuk methode flashing yang canggih mengingat methode tersebut biasanya hanya di lakukan oleh perusahaan-perusahan elektronik besar di sebuah ruangan yang biasa di sebut ROOM Write.

JTAG

Terakhir flashing melalui Memory card atau yang di sebut dengan Firmware Upgrade namun saya sebut ini bukan flashing tapi Upgrade Firmware mengapa demikian ? karena kondisi ini mengharuskan Hp berfungsi secara Penuh, dan di sebutnya juga Firmware upgrade jadi saya rasa ini tidak termasuk dalam Flashing yang sesungguhnya.


Komponen Pokok untuk melakukan Flashing HP
Untuk melakukan flashing kita akan di tuntut memiliki beberapa file, juga peralatan di bawah ini :

Rom – istilah firmware terbaru saat ini dinamakan rom tidak ada bedanya dengan Firmware, hanya saja rom ini biasa ada pada hp smartphone, pada dasarnya ROm sendiri memiliki data yang sama dengan firmware. Terdapat beberapa file config, file system serta file conten yang biasa di sebut dengan gallery.
Driver – Driver sangat wajib terinstall dengan baik, karena untuk berkomunikasi saat flashing berjalan Hp dan komputer akan saling berkomunikasi melalui driver tersebut. Jika driver belum terinstall process Flashing tidak bisa berjalan karena Komputer tidak tau harus di masukan kemana firmware / Rom yang ada.
Kabel – berfungsi untuk menghubungkan komputer dan Hp saat process Flashing melalui kabel data.
Box Flasher – di perlukan sebagai mediator suatu Aplikasi pengisi firmware ke HP misalnya saja UFS Suite untuk mengisikan firmware ke handphone Aplikasi membutuhkan media BOX flasher tersebut.
Firmware – file OS yang sudah di bundle menjadi sedemikian rupa yang akan di isikan ke HP.
Cara Flashing Hp Secara umum.

Setelah semua perlengkapan di atas siap, barulah kita akan memulai flash hp. Adapun langkah melakukan flashing umumnya sebagai berikut.

Buka Aplikasi Flasher
Pilih dan Sesuaikan tipe Hp jika kalian menggunakan BOX flasher
Masukan file Firmware/ROM sesuai dengan type Hp
Selanjutnya pilih menu Flash / Download maka Process Flashing akan berjalan.
Itulah cara flash hp secara Umum, tidak ada yang sulit dalam melakukan flashing Hp terlebih untuk sekarang ini, Zamannya Smartphone yang sudah banyak bertebaran aplikasi Flasher nya dan Pula Universal. Berikut beberapa Aplikasi Flasher yang Umum di gunakan Untuk Smartphone Android.

Odin – Aplikasi Flasher Universal untuk Android Samsung
Flash tool – Aplikasi Flasher universal Untuk Android China Dengan Chipset Mediatek Seperti Lenovo, Cross, Advance, Imo dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Wahyu Dpr _Info - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -